Selasa, 23 Mei 2017

Tanaman Apotek Hidup

gambar tanaman apotek hidup
Tanaman Apotek Hidup
sumber: tamankata.web.id
Pengertian apotek hidup menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI) adalah halaman rumah yang ditanami dengan berbagai tanaman yang dapat dijadikan obat. Pengobatan menggunakan tanaman apotek hidup dikenal sebagai pengobatan tradisional. Beberapa tanaman obat yang terkenal, antara lain jahe, kunyit, lengkuas, daun dewa, daun salam, bawang, jeruk nipis, dan mengkudu.


Berikut ini saya jabarkan beberapa tanaman apotek hidup dan khasiat atau manfaat tanaman apotek hidup tersebut.
  1. Kunyit: menyembuhkan sakit perut.
    Kunyit dikupas, dicuci, lalu diparut dan diambil airnya. Airnya diminum.
  2. Jeruk nipis: menyembuhkan batuk.
    Jeruk diperas, diambil airnya. Air jeruk dicampur dengan kecap manis sedikit, lalu diminum.
  3. Kencur: menyembuhkan batuk.
    Kencur dikupas, dicuci, lalu dimakan.
  4. Daun kumis kucing: menyembuhkan sakit ginjal.
    Daun kumis kucing direbus, lalu airnya diminum.
  5. Jahe: menghangatkan badan. Jahe dikupas, dicuci, ditumbuk, lalu oleskan pada badan.
  6. Daun sirih: menyembuhkan mimisan.Daun sirih dicuci, dipotong, lalu gulung dan masukkan ke lubang hidung.
  7. Daun jambu biji: menyembuhkan diare.Cuci daun jambu biji yang masih muda, lalu dimakan.
  8. Temulawak dan brotowali: menambah nafsu makan.Temulawak dan brotowali dikupas, dicuci, dan direbus. Lalu airnya diminum.
  9. Bawang merah: menyembuhkan masuk angin.Bawang dikupas, dicuci, lalu diparut. Oleskan pada perut dan punggung.
  10. Rebung bambu kuning: menyembuhkan sakit kuning.Rebung dikupas, dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dan airnya diminum.
  11. Daun Dewa (Gynura segetum): antikoagulan, mencairkan darah beku, melancarkan sirkulasi darah, dan membersihkan racun. Bagian yang dipakai adalah daun dan umbinya.
    Dosis yang dianjurkan: 15-30 gram daun segar dan 6-10 gram umbinya.
  12. Mengkudu (Morinda citrifolia): menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah tinggi. Khasiat tersebut dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke.Dosis: 2-3 buah yang matang.
  13. Bawang Putih (Allium sativum): melancarkan sirkulasi darah, antikoagulan (mencegah pembekuan darah), menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menambah sistem kekebalan.
  14. Bawang Bombay (Allium cepa): mencegah pengumpalan darah, menurunkan kadar lemak darah, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan tekanan darah.
  15. Jamur Kuping hitam (Auricularia auricula): mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.
  16. Rumput laut (Laminaria japonica): mencegah penyempitan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  17. Terung Ungu (Solanum melongena L.): mencegah arterosklerosis (penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah), mencegah kolesterol darah meningkat, dan menurunkan ketegangan saraf.
  18. Jantung pisang: mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.
  19. Siantan (Ixora stricta Roxb.): mengecilkan bekuan darah, menurunkan tekanan darah.Dosis pemakaian: 10-15 gram bunga.
  20. Mawar (Rosa chinensis Jacq.): melancarkan sirkulasi darah dan menetralkan racun.Dosis : 3-10 gram bunga kering.
  21. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.): melancarkan sirkulasai dan mencairkan gumpalan darah, dan menetralkan racun dalam tubuh.Dosis: 10 – 25 gram rimpang.
  22. Daun Salam (Syzigium polyanthum): menurunkan koesterol dan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar gula darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tuliskan komentarmu di sini :)