Senin, 10 Agustus 2020

5 Camilan Sehat Penambah Nafsu Makan Anak

Camilan Sehat Anak
Camilan Anak
sumber: BP Guide

Apakah anak Sahabat sulit makan? Atau apakah anak tersebut adalah seorang picky eater (suka pilih-pilih makanan)? Kalau ya, berarti Sahabat sebaiknya membaca tulisan berikut ini sampai selesai karena saya memiliki tips untuk mengatasi anak yang sulit makan atau pemilih makanan sekaligus menambah nafsu makan anak. 

Anak yang sulit makan atau pemilih makanan dapat menjadi kekurangan nutrisi apabila ia tidak suka mengonsumsi aneka ragam makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang bergisi seimbang adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.

Nah, bagaimana anak yang sulit makan atau pemilih makanan ini bisa menjadi semangat untuk menghabiskan makanannya. Inilah yang akan kita bahas dalam tulisan ini. Sahabat perlu mengetahui camilan sehat penambah nafsu makan yang disukai anak. Camilan atau snack yang sehat tentunya merupakan  camilan yang tidak mengandung penyedap rasa buatan (MSG/vetsin), pemanis buatan, dan pengawet buatan. Lebih bagus lagi apabila camilan sehat anak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak.

Pada saat anak makan, Sahabat bisa menambahkan camilan sehat yang disukainya apabila dia mau menghabiskan makanannya tanpa pilah-pilih makanan. Buat kesepakatan, anak akan mendapat satu potong camilan sehat kesukaannya apabila ia berhasil menghabiskan satu sendok makanan. Jika anak dapat menghabiskan semua makanannya, dia akan memperoleh bonus beberapa potong camilan lagi.

Sambil anak makan, Sahabat bisa menjelaskan pentingnya makan sayur dan lauk pauk yang disediakan agar anak menjadi sehat dan kuat. Kata-kata penyemangat seperti “agar cepat besar”, “agar kuat seperti ayah” biasanya sangat suka didengar oleh anak-anak balita. Dengan demikian, anak akan lebih bersemangat untuk makan.

Kadang-kadang anak-anak memilih tidak mau mengonsumsi makanan tertentu hanya karena melihat penampilan atau belum mencoba rasa makanan itu. Begitu anak sudah mencobanya, bukan tidak mungkin anak mau makan lagi dan lagi, bahkan tanpa tambahan camilan.

Berikut ini camilan sehat yang dapat menambah nafsu makan anak.   

1. Kacang tanah kupas yang disangrai atau dipanggang

Saya menyarankan kacang tanah kupas sebaiknya disangrai atau dipanggang karena lebih sehat tanpa minyak. Apabila Sahabat ingin mendapatkan kacang tanah yang harum,  setelah kacang matang atau saat masih panas kita bisa menambahkan bubuk bawang putih. Selain itu, kacang tanah kulit juga merupakan  alternatif yang baik karena diproses dengan cara dipanggang.  

2. Emping garing

Anak-anak sangat menyukai emping garing karena suaranya yang kriuk-kriuk apabila dikunyah. PIlihan saya jatuh pada emping jagung (corn flakes), emping melinjo, emping ubi ungu, emping ubi jalar, opak singkong, dan keripik pisang. Usahakan membuat atau mendapatkan jenis emping yang diproses dengan cara dipanggang dan tanpa MSG.

3. Snack cokelat

Cokelat merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh anak. Snack cokelat renyah seperti Koko Krunch dapat menjadi pilihan snack sehat. Selain itu, choco chip juga bisa dipilih, namun dengan memerhatikan kualitas cokelatnya.

4. Snack madu

Snack madu disukai oleh anak dan tentu saja merupakan camilan sehat untuk anak. Untuk snack madu, saya memilih Honey Stars dari Nestle. Bukan hanya rasa yang enak, tetapi juga bentuk bintang sangat disukai oleh anak-anak.

5. Mie sehat

Hampir semua anak menyukai mie. Namun, mie instan yang dijual di pasaran bukanlah pilihan makanan sehat untuk anak. Hal ini dikarenakan bahan pembuatannya mengandung berbagai bahan kimia buatan, seperti MSG, antioksidan sintetik, serta pewarna dan perisa sintetik. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila Sahabat bisa membuat mie sehat sendiri di rumah. Mie sehat yang dimakan bersama sayur dan lauk pauk mengandung asupan nutrisi yang cukup bagi anak. Mie sehat mengandung telur di dalamnya yang tentu saja menyehatkan untuk anak. Mie sehat juga dapat dibuat dengan menambahkan sayur yang telah diblender halus di dalam adonannya sehingga ada yang namanya mie hijau (ditambah bayam, sawi), mie merah (ditambah wortel, buah naga merah), mie ungu (ditambah ubi ungu).

Sebagai anjuran, anak yang berusia kurang dari satu tahun, sebaiknya tidak diberikan camilan atau snack yang mengandung gula atau garam. Perhatikan juga makanan bergizi yang tepat sesuai usianya.

Baca juga: Makanan Bergizi yang  Tepat Sesuai Usia Anak

Demikianlah ulasan saya tentang camilan penambah nafsu makan anak sekaligus uraian pengalaman saya dalam mengatasi masalah makan anak saya. Terima kasih kepada Tuhan karena sekarang anak saya selalu makan yang cukup bergizi dan memiliki pola makan yang teratur sehingga bobot badannya ideal dan berisi. 

Semoga bermanfaat.
Sharing is Caring ^_~

Artikel lainnya:

https://vianalin.blogspot.co.id on 5 Camilan Sehat Penambah Nafsu Makan Anak

1 komentar:

Silakan tuliskan komentarmu di sini :)