Kamis, 20 April 2017

Cara Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi yang Rewel

Skema Pertumbuhan Gigi
Skema Pertumbuhan Gigi
sumber: My Baby

Peristiwa bayi tumbuh gigi merupakan peristiwa yang membahagiakan sekaligus meresahkan.  Sebagai ibu, saya merasa bahagia karena dengan bertumbuhnya gigi berarti si bayi sudah bisa belajar makan makanan yang lebih kasar (jadi tidak perlu menghaluskan makanan lagi, hehehe). Namun, rasa resah itu juga ada bila bayi rewel, tidak mau makan, dan sulit tidur nyenyak.

Tumbuhnya gigi bayi biasanya dimulai pada usia 6 bulan ke atas hingga sekitar 3 tahun. Gigi yang sudah lengkap berjumlah 20 gigi (10 gigi atas dan 10 gigi bawah). Berikut ini skema atau urutan pertumbuhan gigi bayi. 


* 2 gigi seri bawah depan (6 – 10 bulan)
* 2 gigi seri atas depan (8 – 12 bulan)
* 2 gigi seri atas belakang (9 – 13 bulan)
* 2 gigi seri bawah belakang (10 – 16 bulan)
* 2 gigi taring atas (16 – 22 bulan)
* 2 gigi taring bawah (17 – 23 bulan)
* 2 gigi geraham atas depan (13 – 19 bulan)
* 2 gigi geraham bawah depan (14 – 18 bulan)
* 2 gigi geraham bawah belakang (23 – 31 bulan)
* 2 gigi geraham atas belakang (25 – 33 bulan)


Bayi yang mau tumbuh gigi biasanya terlihat dari perilakunya yang berbeda dari biasanya. Beberapa perilaku tersebut antara lain (1) sering menggigit atau memasukkan benda ke dalam mulut, (2) mengeluarkan banyak air liur, (3) rewel karena gusi gatal atau nyeri, (4) tidak mau makan, serta (5) sulit tidur nyenyak. Bila perilaku anak Anda terlihat seperti itu, berarti gigi bayi Anda mau tumbuh.

Untungnya, sejak anak saya berusia beberapa bulan, teman baik saya sudah memberikan informasi bagaimana mengatasi keluhan bayi saat mau tumbuh gigi, yang akan saya bagikan di sini. Disimak ya, Sahabat….

Bila bayi Anda suka menggigit benda di sekitarnya, sebaiknya sediakan  mainan teether dan camilan sehat (sebaiknya buah potong, berikan sesuai usia) untuknya. Perlu diperhatikan untuk membeli teether yang berlabel aman untuk bayi. Biasakan pula untuk sering mencuci  teether yang digunakan bayi agar bebas dari kuman. Kuman dapat menyebabkan demam dan diare pada anak. Itulah sebabnya mengapa beberapa anak yang mau tumbuh gigi dapat mengalami demam atau diare (Simak juga cara aman mengatasi diare di sini).

Untuk mengatasi masalah karena tumbuh gigi, masalah pencernaan, dan tidak nafsu makan, silakan berikan cairan Gripe Water (Fei Zi Shui) kepada buah hati Anda. Bentuknya cair dengan warna yang sedikit kuning dan rasa yang sedikit manis. Cairan ini aman bagi bayi, tidak menmbulkan efek samping, dan telah digunakan dari generasi ke generasi. Supaya mudah diminum, cairan dapat dimasukkan ke dalam botol, dicampur air, atau dicampur susu. Jangan lupa diberikan sesuai petunjuk pada kemasan! 

Gripe Water (Fei Zi Shui)
Gripe Water (Fei Zi Shui)

Semoga bermanfaat.
Sharing is Caring.


Tulisan menarik lainnya:

@ https://vianalin.blogspot.co.id on Cara Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi yang Rewel

3 komentar:

  1. makasih tipsnya, pake teether memang agak ribet karena harus sering dicuci nih.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/black-walet-facial-soap/

    BalasHapus

Silakan tuliskan komentarmu di sini :)